Formulir Kontak

Selasa, 16 Januari 2018

Bogel Bawel - Sejarah Masuknya Agama Hindu Ke Indonesia



Bogel Bawel - Sejarah Masuknya Agama Hindu Ke Indonesia - Candi Prambanan





Sejarah Masuknya Agama Hindu Ke Indonesia



Bogel Bawel - Masuknya Agama Hindu ke Indonesia adalah masa yang begitu panjang. Agama Hindu yang disebut Agama yang keluar di daratan India, masuk ke Indonesia lewat cara-cara. Menurut histori, Masuknya Agama Hindu ke Indonesia tidak terlepas dari kesibukan dagang pada pedagang India serta Pedagang-pedagang di nusantara. Namun bila kita cuma berpedoman satu teori ini, kita akan tidak dapat pelajari lebih jauh mengenai histori masuknya agama Hindu di Indonesia.


Berikut ini juga akan di terangkan dengan luas mengenai masuknya Agama Hindu ke Indonesia berdasar sebagian versus


Masuknya Agama Hindu ke Indonesia menurut catatan Sejarah



Menurut catatan histori, masuknya Agama Hindu ke Indonesia diprediksikan sekitaran awal era ke-IV. Ini diikuti dengan berdirinya kerajaraan Kutai serta Tarumanegara yang bercorak Hindu. Hadirnya Agama Hindu ke Indonesia menandai selesainya jaman prasejarah di Indonesia. Tanda-tanda peralihan jaman pra histori yaitu dengan di kenalnya tulisan. Hal semacam ini di tunjukkan dari sebagian prasasti yang diketemukan yang datang dari Kerajaan Tarumanegara yang memakai tulisan Pallawa, tulisan asli India. Ini menunjukkan kalau, agama Hindu masuk ke Indonesia serta akhiri masa prasejarah di Indonesia, masuk masa histori.


Pembawa Agama Hindu Masuk ke Indonesia



Banyak teori yang menyampaikan bagaimana Agama Hindu masuk ke Indoenesia. Teori-teori mengenai pembawa masuknya agama Hindu ke Indonesia yaitu :


Teori Brahmana



Teori Brahmana di kemukakan oleh Van Leur. Van Leur memiliki pendapat kalau Agama Hindu di bawa oleh beberapa Brahmana atau beberapa pendeta ke Indonesia ia memiliki pendapat sesuai sama itu karna beberapa Brahmana lah yang ketahui kitab weda. Diluar itu, golongan Bhrahmana yang bertanggungjawab dalam penebaran agama Hindu, termasuk juga ke Indonesia.


Teori Ksatria



Teori ke satria ini dikemukan oleh Majundar, Moekrji serta Nehru. Mereka menyebutkan kalau Agama Hindu di bawa oleh beberapa prajurit India yang menginginkan menaklukan Indonesia lantas menebarkan agama hindu. Namun lihat eksistensi kerajaan di Indonesia, tak ada satupun kerajaan yang dibawah kekuasaan India, meskipun dampak India dalam kerajaan Hindu di Indonesia begitu kuat, karna bangsa Indonesia saat itu berpedoman Agama Hindu.


Teori Waisya



Teori Waisya di kemukakan oleh Krom. Menurut Krom, Agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh beberapa pedagang atau kelompok waisya, Buktinya banyak pedagang dari India yang berdagang di indonesia lantas mereka menebarkan agama hindu di Indonesia. Teori ini memanglah kuat, karna mulai sejak jaman dulu, bangsa-bangsa di nusantara dikenal jadi pedangang serta pelaut ulung. Hingga hubungan pada pedagang di nusantara dengan pedang India begitu sangat mungkin.


Teori Sudra



Teori yang lain menyebutkan kalau Agama Hindu di bawa oleh beberapa budak atau kelompok sudra, mereka menebarkan agama hindu karna menginginkan mengubah nasib mereka. Beberapa orang Sudra yang disebut kelompok terikuth dalam strata kasta Hindu masuk ke Indonesia untuk memperoleh kehidupan yang tambah baik. Tapi, teori ini tidaklah terlalu kuat, karna dengan rasional, dampak golongan Sudra untuk menebarkan Agama Hindu tidaklah terlalu besar dalam memengaruhi orang-orang di Nusantara


Teori Arus Balik



Teori arus balik ini menyebutkan kalau bangsa di Nusantara belajar agama hindu di India lantas menebarkan kembali di Indonesia. Teori ini kuat, namun menurut catatan histori, beberapa orang di nusantara baru belajar Agama Hindu ke India (pusat Agama Hindu) sesudah sebagian kerajaan di Nusantara berpedoman Agama Hindu. Ini di tunjukkan dari histori kerajaan Sriwijaya, yang kirim sebagian orang untuk belajar Agama Hindu di India.

Tidak ada komentar: