Formulir Kontak

Senin, 19 Februari 2018

Sejarah Negara Kanada - Amerika

Sejarah Negara Kanada - Amerika

Sejarah Negara Kanada - Amerika


Bogel Histori - Jika kita buka peta dunia & menyaksikan peta Benua Amerika, kita mau merasakan Kanada jadi negara paling besar di benua itu. Begitu besarnya luas lokasi Kanada maka jadikan negara ini jadi negara dengan lokasi terluas ke-2 didunia setelah Rusia. Lokasi Kanada yg secara prinsip memanglah luas & lokasi utaranya yg dipenuhi oleh pulau-pulau besar juga jadikan negara berbendera daun maple ini jadi satu diantara negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia 

Kanada juga jadi negara persemakmuran paling besar didunia lantaran negara ini masih tetap mengaku raja/ratu Inggris jadi kepala negaranya. Status politik unik yg dipunyai oleh Kanada itu tidak terlepas dari kenyataan kalau Kanada dulunya dikuasai oleh Inggris. Terkecuali Inggris, Perancis dulunya sempat juga punya daerah kekuasaan di Kanada. Jika kita mundur lebih jauh sekali lagi, kita bahkan juga akan temukan kenyataan bila lokasi cikal akan Kanada nyatanya dulunya sempat juga dijamah oleh bangsa Viking. 

Tidak serupa dengan asumsi pemula, orang Eropa pertama yg hingga di Benua Amerika tidaklah Christopher Columbus. Tetapi rombongan pelaut Viking pimpinan Leif Erikson yg di prediksi telah tiba di lokasi cikal akan Kanada pada era ke-11. Setelah itu, rombongan pelaut Viking yang lain berduyun-duyun melaksanakan pelayaran ke Amerika Utara & pernah membangun pemukiman disana. Tetapi lantaran maksud mereka menetap di Amerika Utara cuma hanya untuk berdagang, cuma sedikit masyarakat Viking yg tinggal disana. Pemukiman yg mereka dirikan sendiri nanti tidak terurus seiring waktu berjalan. 

Tahun 1496, pelaut John Cabot di beri perintah oleh raja Inggris Henry VII untuk berlayar mencari daratan yg masih tetap belum juga terjamah. Ia juga mulai pelayarannya ke arah barat satu tahun lalu & sukses menjejakkan kakinya di daratan Amerika. Cabot maka mengklaim daratan yg baru dijamahnya itu jadi lokasi punya Kerajaan Inggris. Tetapi seperti Columbus yg menduga bila ia telah menjangkau India, Cabot awalannya menduga bila lokasi yg didaratinya ini yaitu Benua Asia. 


DIPEREBUTKAN INGGRIS & PERANCIS


Inggris tidaklah hanya satu negara Eropa yg tertarik mencari koloni baru di daratan yg masih tetap asing. Tahun 1534, Jacques Cartier berlayar ke Teluk St. Lawrence & mengklaim daratan di sekelilingnya jadi lokasi punya Perancis. Sadar bila daratan yg terbentang di samping barat yaitu daratan yg sekalipun baru, rombongan pelaut Inggris yg di pimpin oleh Sir Humphrey Gilbert maka berlayar ke arah barat untuk membangun pemukiman permanen di Amerika Utara. Gagasan Gilbert untuk membangun pemukiman permanen selesai dengan kegagalan. Tetapi ia sukses mengklaim Newfoundland jadi lokasi punya Inggris pada th. 1583. 

Yaitu Perancis yg kelanjutannnya sukses membangun pemukiman permanen pertama di lokasi cikal akan Kanada sesudah pada th. 1608, Samuel de Champlain & anak buahnya membangun pemukiman permanen yg bernama " Quebec " . Oleh beberapa imigran asal Perancis, Quebec dioperasikan jadi pelabuhan dagang untuk menyimpan kulit bulu berang-berang yg sukses diburu disana. Tahun 1662, Perancis mencaplok Newfoundland & menghancurkan semua pemukiman Inggris yg ada pada sana. 

Disamping itu di samping selatan Quebec, berlangsung perang kemerdekaan Amerika pada Inggris melawan 13 koloninya di Amerika Utara. Sepanjang & setelah perang, berlangsung migrasi besar-besaran golongan loyalis - masyarakat 13 Koloni yg tidak beri dukungan kemerdekaan AS - ke Propinsi Quebec & sekelilingnya. Karena beberapa besar loyalis itu yaitu keturunan Inggris, pemerintah Inggris juga keluarkan UU Konstitusional pada th. 1791. Berdasarkan UU ini, Propinsi Quebec dipecah jadi Propinsi Kanada Tinggi/Quebec (mayoritasnya berbahasa Perancis) & Kanada Rendah/Ontario (mayoritasnya berbahasa Inggris) . 

Karena wilayahnya sama-sama bertetangga, bukanlah hal yg aneh bila pemerintah AS & koloni-koloni Kanada punya kesepakatan ekonomi perihal penghilangan tarif perbatasan mulai sejak th. 1854. Tetapi sepuluh th. lalu, AS menyebutkan bila pihaknya punya niat akhiri kesepakatan itu. Untuk menghindar perekonomian koloni-koloni Kanada terpukul karena ketentuan AS itu, wacana agar koloni-koloni di Kanada membangun perserikatan juga diapungkan. Argumen beda timbulnya inspirasi pendirian serikat koloni di Kanada yaitu agar serikat baru itu dapat menyeimbangi perkembangan militer AS & beroleh lokasi baru di Amerika Utara. 

Konferensi mengulas pendirian serikat itu pada akhirnya di gelar pada th. 1864 di Charlottetown, Pulau Prince Edward. Tiga th. lalu dengan sebutan lain pada th. 1867, Nova Scotia, New Brumswick, & 2 propinsi Kanada setuju untuk menyatu membuat serikat konfederasi dengan nama " Kanada " . Pendirian konfederasi itu di setujui oleh Inggris yg lalu keluarkan UU Amerika Utara Inggris (British North America Act) di th. yg sama. Pulau Prince Edward awalannya menampik untuk join dengan Kanada. Tetapi krisis ekonomi yg membelit propinsi itu buat mereka pada akhirnya beralih fikiran & sepakat untuk join ke Kanada pada th. 1873. 

EKSPANSI KE BARAT & UTARA


Tahun 1870, lokasi Kanada di samping barat makin bertambah luas sesudah pemerintah Kanada beli kepemilikan Tanah Rupert (Rupert's Land) & Teritori Barat Laut (Northwest Territories) dari perusahaan Hudson's Bay Company dengan harga 300 ribu poundsterling. Tetapi pemerintah Kanada tidak paham bila lokasi yg baru dibelinya itu telah lebih dahulu ditempati oleh suku-suku pribumi setempat. Rangkaian kesepakatan juga di buat pada pemerintah Kanada dengan kepala-kepala suku barusan. Perundingan jalan relatif lancar lantaran suku-suku pribumi barusan kuatir mereka akan bernasib seperti beberapa orang Indian di AS andaikata mereka hingga menampik. 

Tahun 1871, koloni Kolumbia Inggris (British Columbia) yg terdapat di pantai barat Amerika Utara sepakat untuk join dengan Kanada sesudah pemerintah Kanada berjanji membikinkan jalur rel yg menghubungkan lokasi Kolumbia Inggris dengan lokasi Kanda timur. Rel yg disebut sendiri pada akhirnya usai dibuat pada th. 1881. Tahun 1880, giliran lokasi di samping utara yg jadi bertambah luas sesudah Inggris sepakat untuk menyerahkan pengelolaan Kepulauan Arktik ke pemerintah Kanada. Sampai lebih dari 1/2 era lalu, lokasi Kanada tidak alami perubahan sebelumnya lalu Newfoundland sepakat untuk join pada th. 1949 lewat referendum. 

Meski pemerintah Kanada punya kemandirian luas untuk mengelola masalah domestiknya, persoalan interaksi luar negeri Kanada masih tetap jadi tanggung jawab Inggris sampai permulaan era ke-20. Tetapi hal semacam itu mulai beralih sesudah Kanada diijinkan punya wakilnya sendiri di organisasi perdamaian Liga Bangsa-Bangsa yg baru dibuat pada th. 1920. Tahun 1931, Kanada & beberapa daerah persemakmuran yang lain pada akhirnya punya kemandirian penuh untuk mengelola masalah luar negerinya sesudah parlemen Inggris mengesahkan Statuta Westminster di th. itu. 

Mendekati selesainya era ke-20, luas lokasi Kanada hampir menyusut sesudah Propinsi Quebec yg sebagian besar penduduknya berbahasa Perancis mengadakan referendum kemerdekaan di th. 1995. Referendum tersebut sukses dimenangkan oleh kubu penentang kemerdekaan dengan pencapaian nada 50, 58 %. Tidak serupa tidak tebal dari kubu pendukung kemerdekaan yg cuma sukses menyatukan 49, 42 % nada. Terlepas dari ketatnya hasil referendum itu, Quebec kelanjutannnya tidak berhasil jadi negara sendiri & lokasi negara persemakmuran Kanada terus tidak beralih sampai saat ini. 
- Rep. Eusosialis Tawon 

BIODATA


Nama resmi : Canada (Kanada) 
Tahun aktif : 1867 - sekarang 
Ibukota : Ottawa 
Bentuk pemerintahan : monarki parlementer, dengan Raja/Ratu Inggris jadi kepala negara 
Luas lokasi : 9. 984. 670 km persegi 
Mata duit : dollar Kanada 
Bhs nasional : Inggris, Perancis

Tidak ada komentar: