Formulir Kontak

Senin, 12 Februari 2018

Sejarah Negara Hong Kong Yang Wajib Kamu Ketahui

Sejarah Negara Hong Kong Yang Wajib Kamu Ketahui

Sejarah Negara Hong Kong Yang Wajib Kamu Ketahui


Bogel Histori - Negara Hong Kong adalah Daerah Administratif Spesial China. Kawasan ini terdapat dibagian tenggara China serta bersebelahan dengan Propinsi Guangdong. 

Nama Hong Kong datang dari kata “ Heung Kong “ yang berarti “ pelabuhan harum. Dalam dialek Canton di kenal dengan arti “ Heung Gong “ yang berarti pelabuhan semerbak “. Mengenai Kowloon berarti “ Sembilan Naga”. Tetapi julukan Hongkong jadi kerajaan penyamun juga tidak meleset. Sebab pada saat beberapa pedagang dari Portugis datang pada era ke – 16. Hong Kong adalah himpunan desa nelayan serta pertanian. Karna penduduknya tidak sering, teluk-teluk serta pulau – pulau kecil selama pantainya yang panjang serta berkelok-kelok jadi tempat bersarang bajak laut yang menggangu pelayaran selama pantai cina selatan. Oleh karenanya sedikit masyarakat yang berani berada tinggal di situ. 

Lokasi Hong Kong diprediksikan telah mulai ditempati manusia mulai sejak jaman Neolitikum, tetapi baru di kenal dengan luas waktu Hong Kong diserahkan pada Britania Raya (Kerajaan Inggris) sesudah Perang Opium pada era ke-19. Terlebih dulu, pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, jadi orang Eropa pertama yang berkunjung ke Hong Kong. 

Dalam Konvensi Peking th. 1860 sesudah Perang Opium Ke-2, Semenanjung Kowloon serta Stonecutter’s Island diserahkan pada Britania Raya sedang New Territories, termasuk juga Pulau Lantau, disewakan pada Britania untuk 99 th. mulai sejak 1 Juli 1898 serta selesai 30 Juni 1997. 

Perang Opium


Tentara Inggris saat pertama kalinya berlabuh Guangzhou (Canton) pada era ke-16. Mereka berdagang opium mulai th. 1773. Ketika itu pemakaian opium di orang-orang China cukup luas. Inggris menghadirkan opium dari India. 

Th. 1800, Kaisar Cina, Tao Kwang, melarang perdagangan opium serta th. 1839 pemerintah mengambil alih dan memusnahkan opium di Guangzhou serta Kanton punya Inggris. Pemerintahan Inggris meresponnya dengan memaklumatkan perang –dikenal dengan Perang Opium I (1839-1842) . Perang dimenangkan oleh Inggris. 

Penguasa China, Dinasti Qing, bersedia di tandatangani kesepakatan damai dengan Inggris pada 29 Agustus 1842 diatas kapal perang Inggris HMS Cornwallis di Nanjing/Nangking –Perjanjian Nanjing (Treaty of Nanjing) . Isi kesepakatan : pertama, Cina mesti membayar upeti 21 juta dolar ke Inggris jadi ubah rugi ; ke-2, Cina mesti buka kembali pintu perniagaan ke dunia barat, dengan buka pelabuhan di Guangzhou, Jinmen, Fuzhou, Ningbo, serta Shanghai ; ke-3, China mesti menyerahkan lokasi Hong Kong bersama pulau-pulau kecil di sekelilingnya pada Inggris jadi tanah jajahannya. 

Akan tetapi, Cina selalu berusaha hentikan perdagangan opium makanya berlangsung Perang Opium II. Dalam perang itu Cina kembali alami kekalahan.


Dibawah kekuasaan Inggris, Hong Kong dibuat diatas fondasi Demokrasi serta Liberalisme, sedang Cina adalah pusat Sosialisme serta Komunisme di Asia. 

Sesudah kurang lebih 156 th. dikuasai Inggris, Hong Kong dikembalikan pada Cina pada 1 Juli 1997. Dibawah system kapitalisme, Hong Kong udah tumbuh jadi pusat keuangan, perdagangan, pelayaran, logistik, serta pariwisata internasional di area Asia Pasifik. 

Mendekati pengembalian Hong Kong ke China, Deng Xiaoping, pemimpin China saat itu, berjanji juga akan mengaplikasikan rencana “satu negara dua system”. Rencana itu berikan otonomi pada pemerintah Hong Kong seperti pada system hukum, mata uang, bea cukai, imigrasi, ketentuan jalan yang tetaplah jalan di jalur kiri, terkecuali masalah yang menyangkut pertahanan nasional serta jalinan diplomatik yang tetaplah di handel oleh pemerintah pusat di Beijing. Dengan kata beda, rencana itu menanggung Hong Kong tetaplah berdiri diatas system kapitalis, serta Cina tetaplah ada dalam system sosialis. 

Beijing mengaplikasikan system satu negara dua system dengan berkelanjutan makanya stabilitas politik tetaplah terbangun. Jalinan Beijing dengan Hong Kong jalan dinamis serta iklim investasi baik dari dalam ataupun luar negeri makin bertambah. 

Saat ini Hong Kong jadi pusat keuangan, perdagangan, logistik, pariwisata, serta pelayaran internasional.

Tidak ada komentar: