Formulir Kontak

Kamis, 22 Februari 2018

Sejarah Berdirinya Negara Turki

Sejarah Berdirinya Negara Turki

Sejarah Berdirinya Negara Turki

Asal Mula Berdirinya Negara Turki


Bogel Histori - Negara Turki menjadi satu republik konstitusional yng demokratis, sekular, dan menyatu. Negara Ini yaitu negara dua benua. Sekitaran 95 persen dari lokasi seluas 780. 580 km2 ini ada di Asia, selebihnya masuk ke daerah Eropa. Turki yng jaman itu bernama Kerajaan Bizantium memang dikuasai Romawi sepanjang empat era. Kekuasaan Romawi dijatuhkan golongan Barbar. Pada saat inilah ibukota kerajaan dipindahkan dari Roma ke Konstantinopel (sekarang ini Istambul) . Pada era ke-12 Bizantium jatuh kedalam kekuasaan Kerajaan Ottoman yng di pimpin Raja Osman I. Inilah masa keemasan Turki Ottoman. Pada saat inilah pemerintahan Turki Ottoman memperoleh dampak Islam yang kuat. Jadi sepeninggal Khulafaur Rasyiddin, Turki jadi Khilafah Islamiyah dibawah dinasti Utsmaniyah. Wilayahnya mencakup jazirah Arab, Balkan, Hongaria hingga daerah Afrika Utara. Juga akan namun kekhalifahan itu hancur karena persaingan perebutan kekuasaan didalam yng melibatkan intervensi beberapa negara asing.

Berdirinya Negara Turki

Berasal dari perlawanan pada campur tangan asing yang di pimpin Musthofa Kemal, tindakan perjuangan berubah jadi penentangan pada kekuasaan Khalifah. Event kehancuran Khilafah Islamiyah sendiri terwujud jaman rakyat Turki lewat wakil-wakilnya keluarkan Piagam Nasional (Al Mitsaq Al Wathoni) . Mulai sejak itu, Turki jadi satu negara sendiri, terpisah dari wilayah-wilayah yng dahulu yaitu kesatuan Khilafah Islamiyah. Khalifah Abdul Majid yng yang paling akhir berkuasa, terusir ke luar Turki. Pada 1923, disepakatilah berdirinya negara Turki yang dengannya batas-batas lokasi seumpama jaman ini. Laut Hitam di utara ; Irak, Suriah dan Laut Tengah di selatan ; Laut Aegea di barat dan Iran serta Rusia di timur. Negara republik yang dengannya ibukota Ankara itu, waktu pertama kalinya di pimpin oleh Musthofa Kemal. Ia laksanakan modernisasi besar-besaran yang dengannya berkiblat ke Barat. Ia ganti pemanfaatan huruf Arab yang dengannya Latin, poligami dilarang dan wanita di beri kebebasan yng percis yang dengannya pria. Angka melek huruf, capai 90 persen dari 64 juta masyarakat Turki jaman ini. Kemal juga mendapatkan titel Bapak Bangsa Turki (Attaturk) jadikan di kenal menjdai Kemal Attaturk. 

Selepas PD II, kedekatan Turki yang dengannya Barat semakin kental. Turki menampik keinginan Uni Sovyet untuk atau dapat pula disebutkan untuk buka pangkalan militer di wilayahnya, walau demikian ia berupaya menghadirkan AS dirikan pangkalan militer. Pada 1960-an interaksi ini retak, AS jadi mengembargo Turki. Pemicunya, Turki ikut serta perseteruan yang dengannya Yunani dalam persaingan perebutan Cyprus. Dalam masalah ini, AS lebih berpihak pada Yunani. Juga akan namun pada 1978, embargo dicabut. Kekentalan interaksi Turki yang dengannya Barat memperoleh terkaitan, lebih-lebih dari etnis Kurdi mulai sejak 1925 jaman Kemal Attaturk berkuasa. Namun pemberontakan dapat dipatahkan. Upaya-upaya untuk atau dapat pula disebutkan untuk menegakkan kembali syariat Islam, selalu disikapi dengan represif oleh pemerintah. Juga akan namun beberapa dari 98 persen masyarakat Turki yng beragama Islam, selalu meneruskan usaha itu meski hanya pergerakan bawah tanah. 

Pada 1950, untuk atau dapat pula disebutkan untuk pertama kalinya Turki mengadakan pemilu. Era itu, Partai Republik bentukan Attaturk ditaklukkan Partai Demokrat. Pada pemilu 1961, Partai Republik berkuasa sekali lagi. Juga akan namun dominasinya lalu tergeser oleh Partai Motherland yng berkuasa sekarang ini. Era ini Turki di pimpin oleh Presiden Sulaiman Damirel dan Perdana Menteri Mesut Yilman. Selepas pemilu pertama dan pada 1980 Turki alami krisis politik yng buat militer sempat sempat menggantikan kekuasaan. Lebih dari separuh lokasi Turki yaitu pegunungan. Sungai Eufrat dan Tigris yng sempat jadi pusat peradaban dunia, juga melewati lokasi ini. Beberapa potensi sumberdaya alam, ada dalam deposit yng melimpah. Satu dari demikian beberapa yng produksinya satu diantaranya yng paling besar didunia menjadi kromit. Lain-lainnya menjadi minyak dan gas bumi serta batu bara. Yang dengannya support Barat, industri di Turki berkembang cepat. Juga akan namun bidang pertaniannya tidak ketinggal yang dengannya tingkat penyerapan tenaga kerja capai 60 persen.

Tidak ada komentar: