Formulir Kontak

Senin, 12 Maret 2018

Sejarah Negara Spanyol

Sejarah Negara Spanyol

Sejarah Negara Spanyol

Bogel Histori Geografi

Spanyol menduduki 85 persen dari Semenanjung Iberia, yang saham dengan Portugal, di Eropa barat daya. Afrika kurang dari 10 mil (16 km) selatan di Selat Gibraltar. Satu luas lereng tengah dataran tinggi di selatan serta timur, dilintasi oleh rangkaian pegunungan serta lembah sungai. Sungai paling utama yaitu Ebro di timur laut, Tajo di lokasi tengah, serta Guadalquivir di selatan. Terlepas pantai timur Spanyol di Mediterania yaitu Kepulauan Balearic (1. 936 mil persegi, 5. 014 km persegi), yang paling besar yaitu Majorca. Enam puluh mil (97 km) barat Afrika yaitu Kepulauan Canary (2. 808 mil persegi, 7. 273 km persegi). 

Histori Negara Spanyol

Pemerintah

Monarki parlementer

Sejarah

Spanyol, awalannya ditempati oleh Celtic, Iberia, serta Basque, jadi sisi dari Kekaisaran Romawi pada 206 SM, dikala dikalahkan oleh Scipio Africanus. Pada AD 412, barbar Visigoth pemimpin Ataulf menyeberangi Pyrenees serta memerintah Spanyol, pertama dalam nama kaisar Romawi serta lalu dengan mandiri. Pada 711, golongan muslimin dibawah Tariq masuk Spanyol dari Afrika serta dalam satu tahun lebih merampungkan penaklukan negara. Pada 732, golongan Frank, yang di pimpin oleh Charles Martel, menaklukkan Muslim dekat Poitiers, hingga menghindar pelebaran selanjutnya dari Islam di Eropa selatan. Perpecahan internal dari Spanyol Islam mengundang penaklukan Kristen stabil dari utara. 

Aragon serta Castile adalah negara Spanyol yang paling perlu dari 12 hingga era ke-15, dikonsolidasikan dengan pernikahan Ferdinand II serta Isabella I th. 1469. Pada 1478, mereka membangun Inkuisisi, untuk membasmi bid’ah serta membuka Yahudi serta Muslim yg tidak tulus jadi Kristen. Torquemada, yang paling populer dari beberapa inkuisitor besar, melambangkan kekerasan Inkuisisi serta kekejaman. Yang paling akhir kubu Muslim, Granada, di tangkap pada th. 1492. Katolik Roma dibangun jadi agama resmi negara serta rata-rata orang Yahudi (1492) serta Muslim (1502) diusir. Dalam masa eksplorasi, penemuan, serta kolonisasi, Spanyol menyatukan kekayaan yang mengagumkan serta kerajaan kolonial besar lewat penaklukan Meksiko oleh Cortés (1519-1521) serta Peru oleh Pizarro (1532-1533). Orang Spanyol Hapsburg monarki jadi untuk saat yang paling kuat didunia. Pada th. 1588, Philip II kirim Armada terkalahkan untuk menyerang Inggris, tapi kehancuran cost Spanyol supremasi di laut serta buka jalan untuk kolonisasi Inggris Amerika. Spanyol lalu terbenam dng cepat ke status kemampuan ke-2 tingkat dibawah pemerintahan yang lemah raja Hapsburg, serta itu tidak sempat sekali lagi memainkan peranan paling utama dalam politik Eropa. Perang Suksesi Spanyol (1701-1714) menyebabkan kerugian Spanyol Belgia, Luksemburg, Milan, Sardinia, serta Napoli. Kekaisaran kolonial di Amerika serta Filipina lenyap dalam peperangan serta revolusi sepanjang era 18 serta 19. 

Pada Perang Dunia I, Spanyol menjaga urutan netral. Pada th. 1923, Jenderal Miguel Primo de Rivera jadi diktator. Pada th. 1930, Raja Alfonso XIII dicabut kediktatoran, tapi antimonarchist kuat serta pergerakan republik membuat ia meninggalkan Spanyol pada th. 1931. Konstitusi baru menyebutkan Spanyol republik pekerja, putus perkebunan besar, gereja dipisahkan serta negara, serta menyekularisasi sekolah. Penentuan diselenggarakan pada th. 1936 kembali kuat depan sebagian besar popular, dengan Manuel Azaña jadi presiden. 

Perang Saudara Hasilkan Ketentuan Franco serta pembentukan kembali satu Monarki Ceremonial


Pada tanggal 18 Juli 1936, seseorang perwira militer yang konservatif di Maroko, Francisco Franco Bahamonde, memimpin pemberontakan pada pemerintah. Perang saudara yang dibarengi berjalan tiga th. serta menelan korban nyaris satu juta orang. Franco dibantu oleh Fasis Italia serta Nazi Jerman, sesaat Soviet Rusia mendukung bagian Loyalis. Sebagian ratus sayap kiri Amerika bertugas di Brigade Abraham Lincoln di bagian republik. Perang selesai dikala Franco ambil Madrid pada tanggal 28 Maret 1939. Franco jadi kepala negara, kepala nasional Partai Falange (partai yang memerintah), serta perdana menteri serta caudillo (pemimpin). 

Dalam referendum th. 1947, beberapa orang Spanyol menyepakati undang-undang suksesi Franco–disusun menyebutkan Spanyol monarki sekali lagi. Franco, bagaimanapun, selalu jadi kepala negara. Pada th. 1969, Franco serta Cortes (”negara”) yang ditunjuk Pangeran Juan Carlos Alfonso Victor María de Borbón (yang menikah dengan putri Sophia Yunani pada th. 1962) jadi raja Spanyol dikala pemerintah sesaat yang di pimpin oleh Franco selesai. Franco wafat pada 20 November 1975, serta Juan Carlos diproklamasikan Raja pada 22 November. 

Dibawah desakan dari Catalonia serta Basque nasionalis, Perdana Menteri Adolfo Suárez diberi peraturan tempat tinggal untuk lokasi ini pada th. 1979. Separatis Basque lakukan beberapa ratus serangan bom teroris serta penculikan. Dengan penentuan mengagumkan dari Perdana Menteri Felipe González Márquez serta Spanyol Partai Pekerja Sosialis -nya di 20 Oktober 1982, penentuan parlemen, waktu dulu Franco pada akhirnya dimakamkan. 

Spanyol Gabung dengan Uni Eropa serta Partai Aznar Popular Datang Power


Spanyol masuk NATO pada th. 1982. Spanyol, dengan Portugal, gabung dengan Orang-orang Ekonomi Eropa, saat ini Uni Eropa, pada th. 1986. Penentuan umum Maret 1996 hasilkan kemenangan untuk Partai Populer konservatif, serta pemimpinnya, José María Aznar, jadi perdana menteri. Ia serta partainya dengan gampang jadi pemenang pemilu presiden pada 2000. 

Pada Agustus 2002, Batasuna, sayap politik ETA Basque organisasi teroris, dilarang. Kebijaksanaan mengemudi partai bawah tanah bukannya mengizinkan itu outlet politik yang sah udah dipertanyakan. 
Support Aznar berkenaan perang AS di Irak begitu tidak popular – 90 persen dari Spanyol menentang perang. (Spanyol tidak kirim pasukan ke Irak sepanjang perang namun menyumbang 1. 300 pasukan perdamaian selama saat rekonstruksi.) Tetapi Partai Aznar Popular mengerjakannya dengan begitu baik dalam penentuan kota pada Mei 2003. Kemakmuran relatif negara serta sikap keras perdana menteri pada ETA dipandang bertanggungjawab atas tunjukkan kuat. 

Bom Teroris di Madrid Hasilkan Pemerintahan Partai Sosialis


Pada tanggal 11 Maret 2004, Spanyol alami serangan teroris paling mengerikan nya : 191 orang tewas serta 1. 400 terluka dalam pemboman di stasiun kereta api Madrid. Pemerintah pada mulanya menyalahkan ETA, namun selekasnya terlihat bukti kalau al–Qaeda bertanggungjawab. Ketika rekor jumlah pemilih pergi ke TPS hari lalu, Partai Aznar Popular alami kekalahan menyengat, serta José Luis Rodríguez Zapatero dari Partai Sosialis jadi perdana menteri baru. Beberapa orang Spanyol menyalahkan support setia Aznar pada AS serta perang di Irak untuk buat Spanyol tujuan Al-Qaeda. Yang lain berang dengan apa yang mereka saksikan jadi bermotif politik urutan pemerintah kalau ETA yang perlu disalahkan atas serangan pada waktu yang sama kalau interaksi dengan al-Qaeda terlihat. Pada April, selusin tersangka, rata-rata dari mereka Maroko, di tangkap dikarenakan pemboman. Pada tanggal 4 April, sebagian tersangka meledakkan diri dalam satu penggerebekan polisi untuk hindari penangkapan. Pada bln. Mei, perdana menteri baru buat baik pada janji kampanyenya, mengingat Spanyol 1. 300 tentara dari Irak, banyak ketidaksenangan dari Amerika Serikat, yang menuturkan Spanyol udah penuhi tuntutan teroris. 

Pada bln. Juni 2005, walau ada penentangan kuat dari Gereja Katolik, Spanyol melegalkan pernikahan gay. (Tiga negara beda mengizinkan pernikahan sesama style : Belgia, Belanda, serta Kanada. ) 
Separatis ETA Group menanggalkan serta meninggalkan kekerasan 
Sesudah empat dekade kekerasan, militan grup separatis Basque ETA, yang bertanggungjawab untuk lebih dari 800 kematian serta meneror orang-orang Spanyol dengan pemboman serta serangan yang lain, menginformasikan gencatan senjata permanen pada tanggal 24 Maret 2006. Pada bln. Juni 2007, tetapi, ETA meninggalkan gencatan senjata serta berjanji untuk mulai serangan baru. 

ETA, grup separatis Basque kekerasan, menginformasikan beda gencatan senjata pada September 2011. Pemerintah Spanyol menampik deklarasi itu, menuturkan akan tidak meneruskan perbincangan damai hingga ETA permanen meninggalkan kekerasan serta menempatkan senjatanya. The ETA bukan cuma itu pada bln. Oktober. Perdana Menteri Zapatero menuturkan langkah itu adalah ”kemenangan untuk demokrasi, hukum serta akal”. 

Sosialis Kehilangan Kontrol Parlemen Ditengah Krisis Keuangan


Pemerintah membubarkan Parlemen pada bln. Januari 2008 serta menyerukan pemilu baru. Dalam penentuan bln. Maret, Perdana Menteri Zapatero dari Partai Sosialis dipilih kembali, ambil 43, 7 persen nada. Mariano Rajoy dari Partai Populer menyatukan 40, 1 persen. Pada tanggal 12 April, Zapatero menginformasikan kabinetnya, yang untuk pertama kalinya termasuk juga tambah banyak wanita dari pada lelaki. 

Spanyol terpukul begitu keras oleh resesi global pada th. 2009 awal, dengan ekonomi yang berkontraksi, defisit biaya menganga, serta pengangguran capai 20 persen pada Maret 2010. Pada bln. Mei, Perdana Menteri Zapatero menginformasikan beberapa langkah penghematan, termasuk juga pemotongan berbelanja, pengurangan upah untuk pemerintah serta pekerja sipil, serta penambahan umur pensiun. Beberapa ribu pekerja protes proposal. Parlemen, bagaimanapun, lulus $18. 000. 000. 000 pemotongan berbelanja pada akhir Mei. Kesengsaraan negara selalu ke 2011 – pengangguran berdetak sampai 21% –, serta kemarahan atas gagasan penghematan membawa korban pada Partai Pekerja Sosialis Zapatero dalam penentuan lokal serta regional pada Mei 2011. Zapatero menyerukan penentuan umum awal, yang mau diselenggarakan pada bln. November, serta menuturkan ia akan tidak lari. Dalam usaha untuk tutup kesenjangan biaya, pemerintah membawa kembali pajak atas warga paling kaya negara yang udah ditinggalkan pada th. 2008. 

Pada bln. November 2011 penentuan, Zapatero Partai Pekerja Sosialis ambil kekalahan pada pemilu. Representasi partai di majelis rendah parlemen jatuh ke 110 kursi dari 169, serta konservatif Partai Populer meraih kemenangan 186 kursi, mengamankan sebagian besar di ruangan 350 kursi. Ini yaitu tampilan terburuk Sosialis kurun waktu sekitaran 30 tahun Mariano Rajoy sukses Zapatero jadi perdana menteri. Rajoy tidak asing dengan politik. Ia memegang sebagian peranan minsterial bawah José María Aznar 1996-2004. Dia ambil alih jadi pemimpin partai pada tahun 2004 serta diperhitungkan mau jadi perdana menteri, tetapi ditaklukkan oleh Zapatero serta Sosialis. Ke-2 bertemu sekali lagi pada tahun 2008, dengan meraih kemenangan penentuan kembali Zapatero. 

Pada bulan April 2012, Spanyol dipukul dengan trifecta berita ekonomi suram : pemerintah keluarkan biaya paling keras di negara itu mulai sejak tahun 1975, yang dimaksud sebesar $36 miliar pada pemotongan serta kenaikan pajak, pengangguran capai 24, 4%, lebih dari 2x lipat rata-rata Eropa, serta negara jatuh ke resesi untuk ke-2 kalinya dalam tiga tahun. Bank-bank Spanyol juga menanggung derita, dikarenakan banyak beberapa orang Spanyol tidak dapat penuhi keharusan hipotek mereka. Pada bulan. Juni, Spanyol terima bailout sampai b?, 100 miliar ($125 miliar) dari Uni Eropa untuk merekapitalisasi bank-banknya. Jadi imbalannya, Rajoy setuju untuk memberlakukan putaran beda beberapa langkah penghematan untuk kurangi defisit biaya negara, termasuk juga penambahan dengan pajak penjualan, langkah dia terlebih dulu menampik. 

Pada bulan September, kesengsaraan domestik Rajoy tumbuh lebih rumit sesudah ia menampik keinginan oleh daerah – kemerdekaan mencari dari Catalona untuk lebih mengontrol pengumpulan serta distribusi uang pajak. Jadi respon, presiden Catalona menyerukan penentuan umum awal, mengundang keprihatinan kalau drive untuk kemerdekaan mau mengintensifkan. Hari lalu, Rajoy mengenalkan biaya 2013 yang menyerukan kenaikan pajak serta pemotongan berbelanja yang tuturnya mau mendukung negara penuhi syarat-syarat pengurangan defisit Uni Eropa. Pada bulan Oktober, tingkat pengangguran capai 25%, tingkat paling tinggi dalam sebagian dekade.

Tidak ada komentar: