Formulir Kontak

Selasa, 24 April 2018

Mau Tau Sejarah Tentang Bangkok? Baca Ini!!


Mau Tau Sejarah Tentang Bangkok Baca Ini!!


Mau Tau Sejarah Tentang Bangkok? Baca Ini!!

Bogel HistoriBangkok yaitu ibu kota serta kota paling besar di Thailand. Kota ini terdapat di pinggir barat Sungai Chao Phraya, dekat Teluk Thailand. Bangkok yaitu satu diantara kota dengan perubahan terpesat, dengan ekonomi yang dinamis serta kemasyarakatan yang progresif di Asia Tenggara. Kota ini tengah berkembang jadi pusat regional yang bisa menyaingi Singapura serta Hong Kong, tetapi masih tetap memiliki persoalan dalam bidang infrastruktur serta sosial jadi karena perubahannya yang cepat. Bangkok sudah lama jadi pintu masuk untuk penanam modal asing yang menginginkan mencari pasar baru di Asia. Kota ini mencatat jadi satu diantara kota didunia dengan laju menambahkan konstruksi gedung pencakar langit paling cepat. Kaya situs-situs budaya buat Bangkok jadi satu diantara tujuan wisata terpopuler didunia. 

Sejarah Bangkok


Propinsi Bangkok bersebelahan dengan enam propinsi yang lain : Nonthaburi, Pathum Thani, Chachoengsao, Samut Prakan, Samut Sakhon serta Nakhon Pathom. 

Dulu kota Bangkok yaitu satu buah pusat perdagangan kecil serta pelabuhan di pinggir Barat sungai Chao Phraya melayani Kerajaan Ayuthhaya, perintis Thailand moderen yang berjaya dari th. 1350 sampai 1767. Ada keyakinan kalau nama Bangkok datang dari Bang Makok, Bang sebutan dalam bhs Thailand sisi Tengah buat kota atau desa yang berada di tepian sungai, serta Makok (มะกอก) yaitu nama dalam bhs Thailand buat Spondias pinnata, Spondias mombin atau Elaeocarpus hygrophilus (tanaman yang hasilkan buah seperti buah olive) , atau Bang Koh, Koh bermakna " pulau " , mengacu pada satu lokasi yang terukir oleh sungai-sungai serta kanal-kanal. 

Sesudah kejatuhan Ayutthaya pada Kerajaan Burma pada 1767, raja baru, Raja Taksin membangun ibu kota baru, Thonburi, pada lokasi yang saat ini yaitu sisi dari kota Bangkok. Saat masa pemerintahan Taksin selesai pada th. 1782, Raja Buddha Yodfa Chulaloke bangun ulang ibu kota di bagian timur sungai serta memberinya nama resmi upacara (ceremonial name) Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit serta selanjutnya disingkat jadi nama resmi saat ini, Krung Thep Maha Nakhon. Tetapi, kota baru itu juga turut terima nama Bangkok, yang selalu dimanfaatkan oleh beberapa orang asing buat menunjuk pada semua lokasi kota serta jadi nama resmi dalam Bhs Inggris, sedang dalam Bhs Thailand nama Bangkok tetaplah cuma memberikan pada kota tua di pinggir barat sungai. Kota itu mulai sejak selagi itu sudah dimodernkan dengan luas serta alami banyak perubahan, termasuk juga pengenalan transportasi serta infrastruktur pada waktu pemerintahan Raja Mongkut serta Raja Chulalongkorn, serta dng cepat jadi pusat perekonomian Thailand.

Tidak ada komentar: